Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Jika Punya Anak Kembar

Hai gals, udah lama ngga nge-blog, Ya Allah kangen banget rasanya nulis uneg2 #eh nulis yang bermanfaat maksudnya buat para wanita kece se-Indonesia Raya. Hari ini dapat mood booster nulis dari sahabat saya Sarah Tsaqofa (itu tuh yang punya vendor dekorasi keren @fairytaleplanner (follow deh IG-nya ^^v). Tuh Sar udah eik promosiin, awas aja nggak dapet upeti wkwkw. Okelah kembali ke laptop yah.

Sebagian dari para newlyweds, atau pasangan pengantin yang sudah cukup lama menanti kehadiran seorang anak rasanya pengeennnn banget yah punya anak kembar. Anak kembar biasanya memang keliatan lebih ‘menarik’ karena pastinya jadi pusat perhatian, jadi lebih lucu dengan pakaian atau aksesoris yang serba kembar, atau tingkah polah mereka yg nggemesin, ditambah dengan wajah yang sama jadi bikin pemandangan yang nggak biasa, greget gitu. Ada lagi yang pingin punya anak kembar biar sekalian gitu repotnya, sekali lahir udah dua even more, jadi itung-itung nyicil.. ya kaleee. Dan..banyak yah motif lainnya yang pengen punya anak kembar. Nah, insyaAllah di tulisan ini saya mau bagi2 sedikit info untuk yang pingin punya anak kembar dari pengalaman saya sebagai ibu baru dengan dua anak kembar, semoga bermanfaat yah.

Bagi saya dan suami mendapatkan amanah anak kembar juga so surprised sebenarnya, karena ..well siapa yang nyangka gitu lho. Dikasih satu aja alhamdulillah, ini dikasih langsung dua. Sampe2 waktu USG bidannya bilang ‘ wah bu, ini mah buy one get one..’ hihihi. Tapi bagaimanapun bahagianya kami tetep aja deg-degan ya, secaraa..ini pengalaman pertama yang tentunya butuh banyak persiapan. Nah, yukk..kita masuk ke bagian ‘apa aja yang perlu di persiapkan.’

1. Mental

Suatu saat saya pernah mengalami bleeding (pendarahan) yang cukup lama saat hamil dan buat saya sedih banget, padahal saya nggak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan (menurut versi saya). Dan saya diharuskan bed rest cukup lama karena kalau tidak maka banyak resiko yang akan terjadi kepada kehamilan saya, salah satunya adalah keguguran. Hampir dua bulanan gals, saya bener2 ngurangi aktivitas, bahkan itu naik motor/mobil ke kampus. Saat awal saya konsultasi kehamilan ke dr. Gunawan , beliau menyatakan penyebab2 terjadinya bleeding, diantaranya 1. rahim saya yang lemah; 2. aktivitas fisik berlebih; 3.kontraksi rahim yg salah satunya dipicu oleh mengelus-elus perut berlebihan. Ketiga faktor ini menyebabkan ada sedikit pengangkatan di bagian plasenta, sehingga ada jalur terbuka yang mengakibatkan pendarahan, dan jika jalur tersebut semakin lebar, kemungkinan keguguran semakin besar.

Untuk penyebab nomor pertama saya lupa nih gals alasannya kenapa ya, tapi ini terlihat dari pembacaan hasil USG, next bisa tanya ke dsog kalian yah untuk lebih jelasnya. Oleh karena itu, bagi wanita memang benar-benar nggak boleh acuh sama kesehatan yah. Setau saya pola makan, aktivitas fisik, gaya hidup sangat mempengaruhi kualitas rahim kita, so..mulai perbaiki dari sekarang .

Untuk alasan ke-2, sebenarnya sih saya ngga merasa berlebihan yah, tapi mungkin kandungan berkata lain, jadi bagi kamu yg sedang pregnant be careful ya. Jangan sama-samain kehamilan orang lain sama kehamilan kita, kasusnya tuh beda2. Jadi harus hati2 terus. Yang namanya orang hamil tuh masuk golongan rawan gals, jadi jangan sembarangan yah.  Nah, untuk alasan ke-3 bener banget nih, kadang saya sadar or g sadar ngelusin perut, maklumlah ya..maksudnya mah tanda kasih sayang, tapi ternyata ada dampak yang kurang baik kalau berlebihan ya.

dr.Gunawan juga menambahkan, sebenarnya kasus kembar dalam kehamilan itu bukan kasus yang diharapkan, maksudnya bukan ngga bersyukur dengan rezeki ya. Tapi, hamil kembar itu punya banyak resiko kesehatan gitu gals. Bagi ibu, maupun janin. Resiko kegugurannya lebih tinggi, resiko kelainannya lebih tinggi, dan keluhan kehamilan yg lebih banyak. Jadi..kalau mau punya anak kembar memang harus siap banget mentalnya menghadapi berbagai resiko ini. Jadi, kadang kalau ada yg minta doain ke saya semoga dia juga punya anak kembar, saya cuma bilang ‘ Semoga diberikan yg terbaik oleh Allah’. Ya ..benerkan? karena satu atau kembar yang penting yg terbaik menurut Allah. So, bagi yang mau punya anak kembar di cek lagi lah ya niatnya..^^

2. Kesehatan

Di kehamilan pertama ini Subhanallah, keluhan kehamilan saya banyak bingitzz. Bulan pertama-kedua sih alhamdulillah ngga terlalu signifikan yah. Masuk ke bulan ketiga, keluhan seperti muntah-muntah, mual, meludah, badan nggak fit, pegel linu dan syalal syududu banyak lah. Dan itu terus berlanjut sampai sekitar bulan kelima kehamilan. Faktor hormonal tentunya jadi pemicu yah banyaknya keluhan ini, apalagi saya mengandung dua anak, jadi kalau kata bidan, ‘wajar kok..kalau keluhannya dahsyat’ wkwkkw. Antara bahagia dan air mata. Saat hamil muda ini beneran nggak bisa banget ngampus karena badan yang remuk redam ngga bisa diajak kompromi. Makanya yg hamilnya nggak banyak keluhan, seger buger, sehat walafiat harus bersyukur banget dah sama Allah. Padahal tuntutan nyelesaikan tesis sudah memanggil-manggil, saya cuma bisa tawakal aja deh ya. (Cerita nyelesain tesis insyaALlah di judul  lain ya, biar penasaran #halah).

Selain itu, saat hamil saya bawaanya laper melulu. Berat badan melonjat 25 kg dari BB awal wkwkw. Habisss, beneran laper terus gals. Apalagi usia 6 bulan ke atas, beuhh..beneran bisa makan 4-5 kali sehari saking sering laper. Nah, bagi bumil yang kelaperan terus kayak saya, makanannya juga ngga boleh sembarangan yah. Yang penting banyak, yang penting kenyang : NO! Makanan bumil itu harus bergizi tinggi, jangan sampe ibunya gendut iya, anaknya malah kurang gizi. Soal makanan, akan berpengaruh ke kesehatan ibu dan anak dalam kandungan juga ya gals. Jadi harus benar-benar diperhatikan. Alhamdulillah saya melahirkan bayi kembar yang bisa di bilang gede, Zayd : 2.8kg dan Zakir: 3 kg. Pas selesai lahiran saya langsung turun 15 kg wkwk.

3. Keuangan

Nah, punya satu anak dan dua anak jelas beda dari segi budget yah. Karena dari A-Z harus double, oleh karena itu orang tua dari anak kembar, terutama ibu nih harus pinter ngatur keuangan yah, kecuali emang yang udah uangnya ngga bisa keitung lah ya wkwkw. Dari hamil sampai melahirkan aja harus benar-benar di atur ya gals soal keuangan ini. Sudah mulai cari tempat kontrol yang ramah kantong namun berkualitas, kemudian dari segi asupan ibu hamil juga yang harus benar-benar dijaga. Jangan sampai terlalu hemat jadi makan yang nggak pas buat ibu hamil, apalagi ibu hamil kembar biasanya makannya banyak hehe. Kemudian pilih juga tempat melahirkan yang kualitasnya baik, bisa pake asuransi kesehatan (soalnya ada charge tambahan ya gals untuk kelahiran kembar), jadi worth lah ya kalau bisa asuransi.

Untuk persiapan bayi juga jangan kalap, beli yang penting2 aja dan dalam jumlah yang pas, kalau ada preloved dari sahabat ya boljug tuh dimanfaatkan hehe. Karena ngga semua perlengkapan bayi dipakai long lasting, so..sayang kan kalau dah beli mahal tapi dipake sebentar. Well, kecuali ya..tadi..uangnya udah bejibun hehe. Tapi tepat guna jauh lebih baik lah ya. Lagian sebagai muslim kita yakini yang berlebihan kan ngga baik ..uhuy.

4. Ilmu

Jelas lah ya, harus banyak ngelmu. Dari mulai diskusi, baca buku, ikut seminar dll. Yang jelas ini untuk basic aja gals, biar ngga kosong2 amat gitu. Pada prakteknya mah, kita akan learning by doing juga ya. Karena ngga semua yg ada di teori bisa idealis kita terapkan. Tapi teteup..ilmu dasar sebagai seorang ibu, dari mulai kehamilan, melahirkan, menyusui, sampai ngurus baby minimal ada yang udah kita tau. Jangan blong amat gitu haha. Apalagi bagi kalian yang mau punya anak kembar, ilmu sabar dan syukur penting banget nih hehehe.

Setelah jadi ibu, saya tuh banyak freestyle nya gals, karena ngga semua yang ada di textbook atau seminar bisa fit dengan kondisi saya saat itu. Tapi yang jelas saya sangat upayakan apa yang saya lakukan ngga dzalim terhadap diri sendiri, anak2 saya maupun orang lain ya. Jadi..ibarat kata idealis tapi bukan ekstrimis. Jangan jadi ibu yang kuper, kudet, kuul, jadi ibu itu harus banyak tau. Kalau ada ilmu kan minimal jadi lebih tenang ngga grusa grusu. Karena jadi ibu baru pasti bawaanya baper, trus heboh deh, apalagi yang pengalaman pertama ya, pasti penuh drama #tsaah. Kalaupun kita minim ilmu di beberapa hal jangan malu buat nanya ini itu sama yang ahli. Karena yang berpengalaman belum tentu bener hehehe.

5. Tenaga

Punya anak kembar itu mesti EXTRA tenaganya. Gimana ngga..mesti begadangan a whole night, yang satu bobo, yang satu bangun, gitu terus sampe subuh wkwkw. Makanya kalau dapat anak kembar yang super duper anteng bersyukurlah buk! Saya diantara ibuk-ibuk yang punya kembar yang super duper aktif hahah (ketawa miris). Bersyukurnya saya punya mertua dan adik ipar yang ruarrr biasa baik, mereka juga  ikutan shift-shift an jaga sikembar pagi-malem, so sweet ngga tuh? hehe. Nggak cuma soal tidur, mandi, ganti popok, ganti baju dllsb, bener2 mesti double. Apalagi usia-usia udah ngerti main kayak sekarang nih, beuuhhh harus fit terus deh biar bisa ngikutin irama aktifnya anak2. Jika memang ada budget lebih saya sarankan hire yang bisa bantu. di awal-awal kelahiran saya tepar banget karena penyesuaian sama jam tidur dan aktivitas ngurus anak yang ternyata WOW hehe. Kalau sekarang sudah jauh lebih mendingan, karena udah biasa wkwkw. Tapi kalau soal repot, jangan ditanya hihihi.

Sampai detik ini, alhamdulillah saya masih dibantu Mama huhuhu (yang luar biasa pengorbanannya untuk anak dan cucu #tsaah), karena masih belum menemukan pengasuh yang cocok (maklum emaknya overprotective sama anak2nya). Doakan segera dapat ya gals, biar ngga ngerepotin Mama lagi hehe. Aamiin.

Nah gals, itu sih sebagian kecil yang mesti jadi persiapan bagi orang tua dengan anak kembar. InsyaAllah semakin dipersiapkan akan semakin baik yah.  Bagi yang ingin anak kembar, semoga Allah kasih yang terbaik ya. Doakan juga semoga saya bisa jadi ibu yang lebih baik day by day. Sebenarnya banyak banget catatan yang mau dibagiin, tapi segini dulu deh ya. Yang mau curcol, nanya2, feel freee..

Love, Dee

 

2 thoughts on “Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Jika Punya Anak Kembar

Leave a Reply

