3 Hal Yang Membuatmu Semakin Mantap Menerima Pria Itu Menjadi Suamimu

db38cb3697894936106424fa52b20bba

Sebagai seorang wanita yang bermain perasaan, maka pasti banyak hal yang kita pikirkan menjelang kematangan dan kemantapan kita untuk menggenap (menikah). Kadang pas ada yang datang kitanya ngerasa nggak sreg, nggak pas sama kita, dan mungkin juga ortu merasa cari yang lain aja. Atau mungkin juga pas kamu lagi bener-bener merasa siap lahir batin tak ada satu pun pria yang hadir dengan niat serius untuk menjadikanmu istrinya. IHHH..suka greget sendiri ya. hihi…begitulah hidup yang penuh dengan misteri ya sahabat. Kita nggak pernah benar-benar paham masa depan kita akan seperti apa, namun..kita harus yakin dengan usaha dan doa yang tak kunjung putus, yang terbaiklah yang akan menghampiri.

Masih segar dalam ingatan saya, banyak sekali yang menanyakan pada saya mengapa saya yakin untuk melanjutkan hidup bersama laki-laki yang dulunya asing ini untuk menjadi suami. Hmm..namanya wanita itu butuh dorongan dan motivasi untuk mantap yah, makanya pertanyaan begini sering banget ditanyakan oleh sahabat-sahabat perempuan saya. Kali ini saya akan sedikit berbagi, untuk menjawab kegalauan, keraguan dan kebimbangan sahabat soleha semua tentang rasa yang harap-harap cemas di dada. Saya mencatat ada 3 hal yang benar-benar membuat saya akhirnya mantap melaju untuk menjadi seorang istri. Ini dia 3 hal itu:

1. Tidak Ada Alasan Untuk Menolak

muslim-couple-43

Sumber gambar : http://www.ultraupdates.com

Saat seorang laki-laki datang menyatakan maksudnya untuk meminang kita. Sesungguhnya ia telah menunjukkan keberaniannya jiwa-raga untuk berkorban dan bertanggungjawab penuh atas hidup kita. Hal ini harus kita hargai ya sahabat, karena tidak semua laki-laki mampu dengan mantap melakukan hal ini. Luruskan niat saat memang saat itu kita juga sudah siap menikah. Nah, saat detik-detik ini datang dan kita harus membuat pilihan, inilah saat tergalau yah hihi.

Karena di saat ini apa yang kita putuskan akan berdampak bagi masa depan kita dunia-akherat.

Nah, jadi dalam hal ini hal yang penting bagi sahabat soleha semua adalah mendekatkan diri pada Allah swt, karena Allah-lah tempat berlabuh. Adukan sebanyak-banyaknya perasaan dan harapan kepadaNya. Selanjutnya mulai lakukan ‘investigasi’ ke laki-laki tersebut, well..sebagai seorang muslimah kita pastinya mau dong mencari imam yang soleh, ya kan? ini pastinya nomor satu deh. Oleh karena itu, kita bisa sedikit melakukan observasi ke calon kita sebelum kita mengatakan ‘YES’. Cari tau dari sahabat dekatnya atau saudaranya tentang kebiasaanya dalam beribadah, atau paling minimal bagaimana lingkungan pergaulan dan akhlaknya selama ini. 

Kalau dari hal itu sudah sreg, maka mintalah fatwa dalam hatimu adakah rasa kecenderungan untuk melanjutkan proses menuju pelaminan dengan lelaki yang punya niatan baik ini. Baik dari interaksi kamu dan dia selama ini, atau hal-hal yang prinsip yang kamu anggap penting di kehidupan selanjutnya. Sahabat soleha, kamu harus mengkomunikasikan apa plan kamu ke depan supaya sama-sama nyaman nih. Nah, dari komunikasi dan interaksi yang tentunya nggak berlebihan ini, kamu bisa mengenal dia lebih jauh dari segi karakter dan hal-hal yang ingin kamu tau. Dari sini, kamu sudah bisa sedikit menyimpulkan untuk ke step selanjutnya or tidak.

Catatan : Dalam berinteraksi, kamu harus benar-benar memastikan bahwa interaksi yang kamu lakukan dengan niatan yang baik dan dilakukan dengan cara yang baik. Why? ya kan kamu mau cari suami yang terbaik, masak prosesnya nggak baik. hoho..gituuu..

Oke next..

2. Orang Tua Meridhoi

Sungkeman_by_e1754c

sumber gambar : http://fc02.deviantart.net/

Sahabat, sebenarnya yang paling wajib nyariin kamu pasangan hidup yang baik adalah orang tua lho. Jadi jangan remehkan peran mereka dalam keberhasilan kamu memilih pasangan yang akan hidup menua bersamamu itu. Jangan sampai tidak ada komunikasi/ minim komunikasi dengan ortu, bisa-bisa nggak diberi izin menikah hehe. Nah, banyak hal yang bisa menjadi tanda bahwa ortu ridho dan ngasih lampu hijau pada proses kita menuju pelaminan bersama dia, diantaranya adalah:

Pertama, ortu sudah mengizinkan kamu untuk menikah dan siap dengan hal tersebut. Sahabat, ortu pasti juga mikirin pernikahan anaknya, jadi..kalau beliau berdua sudah mempersilakan kamu menikah maka dari segi apapun mereka juga pasti sudah siap. Kedua, ortu menerima dengan baik calon pasangan kamu (laki-laki yang mau melamar kamu tadi), tidak ada keluhan, rasanya ringan saja melepaskanmu bersama dia kelak. Nah, ini tanda-tandanya bahwa Papa dan Mama kamu suka dengan laki-laki tersebut dan percaya bahwa he’s the one. Bisa jadi ini juga tanda bahwa ridho Allah datang pada proses kalian karena ortu sudah ridho dengan calon menantu dan segenap prosesnya.

Sampai step ini, kamu bisa memutuskan bahwa kamu bisa melaju ke step selanjutnya yang lebih serius.

Catatan : Sekali lagi saya mencoba mengingatkan, jika proses pernikahan kita baik, ortu sudah oke juga dengan cara yang baik dalam arti..bukan karena sekedar melihat gantengnya, kayanya, pinternya dari calon suami kita, tapi juga melihat syarat the ultimate one, yaitu SOLEH-nya, wah..ini sudah bisa mendekati keputusan final kamu.

3. Segenap Proses Allah Mudahkan

original

sumber gambar : http://data1.whicdn.com/

Sahabat soleha di seluruh jagad raya yang sedang uring-uringan dan galau untuk mantap melaju or tidak, well..saya nggak bisa menjamin apakah tulisan ini bisa melegakanmu. Tapi sebagai ‘pendahulu’ maka ini saran saya untuk kalian. Sebagai seorang muslimah kita tau bahwa menikah itu perkara besar, perjanjian antara kita dan Allah, ya nggak sih? Nah..pastinya yang tau bahwa konsekuensi menikah itu akan mempengaruhi masa depan dunia dan akherat maka emang rasanya beraaatttt banget. Ada gemuruh di hati ini. seperti badai bahkan!

Tapi kamu perlu tau, bahwa menikah itu merupakan usaha yang amat potensial untuk mendapat syurgaNya Allah lebih cepat. Why? karena kita dan suami akan kerja tim meraih berkahNya, dimana-mana kerja tim yang baik akan lebih ringan dibandingkan kerja sendiri kan? So, ayooo kencangkan lagi ‘sabuk’ IMAN, dan bulatkan lagi NIAT karena Allah. Motivasinya harus diluruskan terus nih supaya semakin ringan melangkah. (Baca juga referensi tentang keutamaan menikah yah biar tambah ilmu. 🙂 )

Oke, sahabat..kamu yang masih galau mau lanjut or ngga di proses kamu menuju menggenap, ini salah satu tanda yang bagi saya juga penting dalam memutuskan untuk GO or STOP. Apa sih rasanya dimudahkan oleh Allah? ya..segala prosesnya berjalan mudah saja, hampir tiada kendala. Misalnya bagaimana dia nge-propose kamu, gimana ternyata ortu kamu setuju dan siap dengan pernikahan kamu, ortu kamu senang dengan dia, kamu memiliki kecenderungan meski belum banyak, tapi minimal ada lah rasa tentram padanya, kamu tau lingkungannya baik, kamu sreg dengan karakternya, SO?! apalagi yang membuat bingung?

Sahabat soleha, inget deh wanita itu sukanya mendramatisasi, jadi apa yang belum kejadian aja sukanya udah di khayalin, dipikirin, kadang kayak TELENOVELA deh lebay-nya. Apalagi kalau lingkungan sekitar kita bukan malah menguatkan tapi malah menurunkan semangat kita untuk menikah, wahhh tambah deh. Jadi, kalau poin-poin kemudahan sudah didapatkan, sekarang tinggal gimana mengkondisikan hati kamu untuk selalu dekat sama Allah dan ridho dengan berjalannya proses ini.

Tingkatkan rasa syukur, karena..Hei..yang menanti jodoh itu bukan kamu seorang! di luar sana banyak sekali perempuan yang belum Allah berikan rezeki ini, so..hargai itu yah. Kemudian, cari teman ngobrol yang sudah berpengalaman dan baik akhlaknya, supaya nggak dijerumuskan pada keputusan yang salah hehe. dan kamu juga harus tau, bahwa bisikan syetan tuh kuat banget di saat-saat ini, kenapa coba? ya karena pernikahan itu janji suci yang bisa melipatgandakan amalan kita, mana ada coba syetan yang rela. So..kencengin ibadahnya dan kontak sama orang-orang soleh, insyaAllah deh..keputusan-keputusan yang kita buat akan lebih bijak, meski hati tetep deg- deg serrr.

Okeh, segini dulu yang Dee bisa bagi ke teman-teman, yang mau diskusi, curcol, atau bagi pengalaman monggo banget. Kita bagi-bagi pengalaman yang bermanfaat bagi banyak orang yah. Wallahu’alam, semua orang punya kisah yang berbeda, namun saya yakin, Allah selalu mempersiapkan skenario terbaik dalam hal ini.

“Semoga dimudahkan segenap proses mencari yang terbaik untuk hidup menua bersama yah sahabat. 🙂 ”

Salam manis. Dee

 

4 thoughts on “3 Hal Yang Membuatmu Semakin Mantap Menerima Pria Itu Menjadi Suamimu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s