7 Hal Yang Sering Ditanyakan Anak Perempuan Pada Ibunya, Setelah Ia Menikah

9-1574626-twb121112muslim05_fct889x547x100x13_t620

Sumber : http://www.thechronicle.com.au

Mom is my everything. Bagi hampir seluruh anak perempuan di jagad raya, Ibu memiliki peran amat penting dan tak tergantikan. Bahkan, saat sudah menikah sekalipun, seorang ibu memiliki peran utama dalam kebahagiaan pernikahan anaknya. Banyak nasehat yang berarti dan wejangan yang pas banget untuk menghadapi bahtera rumah tangga. Secaraa..ibu kita jelas pasti lebih berpengalaman mengarunginya bersama Ayahanda tercintah. Nah, sahabat..saya berusaha merangkum beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan kita-kita kepada mommy setelah kita menikah. Apa pentingnya? Pertama, menjaga silaturahim dengan orang tua. Kedua, jangan gengsi untuk dapat pengalaman/pengetahuan baru ala mommy kita yang bisa jadi bermanfaat banget. Oke, ini dia ketujuh hal yang saya rangkum itu:

1. Hubungan Antara Suami Istri

3d42f43611537f238b9436898c4f403b

Sumber : s-media-cache-ak0.pinimg.com

Banyak perempuan yang masih awam dalam menjalin hubungan dengan laki-laki, well..makanya banyak yang mengalami kikuk, nervous, grogi, bahkan jantung mau copot di hari-hari awal pernikahan. Nah, nggak ada salahnya..ngobrol dengan mommy kita tentang hal itu semua. Well, meskipun hal ini wajar, apalagi bagi yang nggak pacaran dan nggak pernah pacaran. Tapi untuk urusan menjadi istri yang baik di mata suami, pasti mommy kita sudah lebih berpengalaman deh. Meskipun setiap mommy punya pengalaman hidup yang beda-beda, kisahnya bisa kita jadikan pelajaran. Mulai dari bagaimana berinteraksi yang baik hingga mengenai hubungan mesra suami dan istri.

2. Persiapan Kehamilan Hingga Mengurus Anak

Muslim-mother-child

Nah, berdasarkan survei kecil-kecilan sebanyak apapun buku kehamilan dan mengurus anak yang dibaca, kita tetep akan kerempongan saat mengalaminya untuk pertama kali. Nah, dalam hal ini bisa tuh nanya mommy seputar kehamilan dan mengurus anak nantinya. Well, meskipun mommy kita mungkin masih old fashion, tapi jangan remehkan pengalamannya lho.

3. Tentang Pekerjaan Rumah Tangga

INSHALLAH-JP-1-articleLarge

www.nytimes.com

Hihi, bagi saya yang anak mommy banget dulunya, eh sekarang juga masih sih hihi. Nanya pekerjaan rumah tuh penting. Sejujurnya..saya hampir jarang melakukan pekerjaan rumah, kecuali khusus untuk area privat saya. So, untuk istri newbie kayak saya hehe..penting deh buat nanya mommy. Misalnya, gimana caranya nyuci baju yang benar (haha ini mah saya aja yang nggak ngerti), or..beli peralatan rumah tangga yang tepat. Jangan malu, rajin bertanya insyaAllah banyak ilmunya dan berkahnya.

4. Memilih Karier Atau Menjadi Ibu Rumah Tangga?

Muslim women

sumber : http://qurbo.qurbo.netdna-cdn.com/

Mommy adalah teman diskusi yah, jadi..penting juga nih sekedar diskusi ringan tentang apa-apa yang kita anggap penting, salah satunya adalah pilihan berkarier or menjadi ibu Rumah Tangga. Sekaligus minta doa, agar apa yang kita putuskan mendapat keberkahan serta kemudahan dari Allah. Doa ibu adalah doa yang mustajab loh. 🙂

5.Resep Masakan

syrian-woman-cook

sumber : http://www.bonappetit.com/

Nah ini dia, yang biasanya saya sering kepoin dari Mama saya. Resep masakan, sekaligus step by step masaknya gimana. Bukannya nggak bisa masak lho ladies, cuma saya berusaha rendah hati aja nggak mau pamer kemahiran saya memasak #pletak#dilemparteflon. Hehe., well..untuk hal ini nanya sama Ibu kita akan lebih leluasa deh, meski nanya mbah google juga bisa sih. Tapi…kadang masakan rumah adalah masakan terenak yang pernah ada sejagad raya, ya nggak? jadi nggak ada salahnya nanya resep rahasia keluarga turun temurun itu #lebay. Oke deh, intinya ngobrol sama Mami dirumah bisa jadi sumber inspirasi kamu dalam urusan dapur inih.

6. Bagaimana berkomunikasi yang baik dengan Mertua

Muslim-couple-600x400

sumber : http://www.ultraupdates.com/

ini penting banget nih ladies. Why? karena nikah itu bukan cuma berhubungan sama suami kita doang. Tapi juga ‘menikahi’ keluarganya, so..kita harus open mind, heart and soul #lebaylagi, buat menjadi menantu yang best of the best. Ini bukan untuk cari muka di depan mertua, tapi tentunya untuk mendapat ridho mereka dan ridho Allah juga. Inga inga, jangan beda-bedain ortu suami dengan ortu kita loh, karena mereka semua sekarang adalah ortu kita juga. Jangan sampai silaturahim dengan mertua or keluarga suami terputus. So, tanya tips dan trik berkomunikasi yang baik dengan mertua agar hubungan menantu-mertua bisa langgeng sampai forever and ever.

7. Bagaimana Memenangkan Hati Suami

muslim-couple-00

sumber :  http://www.ultraupdates.com/

Nah, ini biasanya pembicaraan serius #halah, tapi syahdu dengan ibunda tercinta. Bagaimana masa-masa menghabiskan waktu bersama dengan orang tercinta tidak akan membosankan. Bagaimana menjadi istri yang selalu dibutuhkan dalam keadaan apapun. Bagaimana menjadi istri yang selalu diinginkan dan melegakan hati suami dimanapun kapanpun. Wuihhh berat ini bahasannya hihi..anyway,, memang ini sekali-kali patut dicurcolin lho, seenggaknya kita bisa belajar dari pengalaman ortu kita. Yang baik diambil, yang buruk dibuang, gitu aja ala Kaizen. Semoga dengan sharing-sharing sederhana itu muncul banyak ide dan pengetahuan baru yang bermanfaat untuk Rumah Tangga kita semua.

Okeh, sampai sini dulu bahasannya yah. Semoga bermanfaat selalu. Dan langsung nelpon/wa/line/bbm/sms ah apapun itu, mommy di rumah masing-masing dan bilang ” I love you, Mom.. terima kasih sudah membesarkan aku dan merelakanku hidup bersama laki-laki asing ini 🙂 . Maafkan selama ini jarang menelponmu atau bahkan sekedar sms Mom, aku terlalu sok sibuk belajar menjadi istri yang baik di awal-awal pernikahan ini. Mom, doakan kami bisa menjadi suami istri yang membanggakan di dunia maupun akherat. Doamu adalah hal yang selalu kunanti tiap waktu..”

Udah ah ya, jadi terharu nih..

See ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s