Apa Makna Cincin Pernikahan Bagimu?

Banyak calon pengantin menghabiskan kocek yang tak sedikit untuk sebuah benda yang akan melingkar di jari manis pasangannya kelak. Entah untuk menghargai momen atau sekedar memperturutkan gengsi, semua dipersiapkan dengan baik bagi calon teman hidupnya itu.

Namun ada pula yg mempersiapkannya biasa2 saja. Yang spesial bukan cincinnya, tapi momennya jadi cincin yg sederhana, atau bahkan tanpa tukar cincinpun tak masalah.

Ya, semua punya pandangan masing2 dan sah-sah saja selama itu dipersiapkan terlebih untuk membahagiakan pasangan serta merupakan upaya mempersembahkan yg terbaik di hari yg bersejarah itu. Dan tentunya, mengikuti ketentuan yang syari dimana seorang laki-laki muslim tak boleh mengenakan perhiasan emas.

Sebagai seorang muslim, saya pun meyakini bahwa ada atau tidaknya cincin pernikahan bukan perkara besar. Ianya hanya sebuah tradisi yg manis bagi calon pengantin yg bs jadi semakin mempererat hubungan kasih bagi keduanya. Tidak dilakukan juga tak apa, atau memberikan benda lain sebagai ‘tanda’ semisal gelang atau kalung pun tak jadi soalan.

Bertukar Cincin pernikahan bukan sebuah kewajiban, bukan pula sunnah, namun hal yg mubah selagi tak memberatkan bagi calon pengantin untuk mengadakannya.

Rezeki saya, dipernikahan ini saya mendapatkan cincin pernikahan. Cincin yang sering saya pakai belakangan setelah menjadi istri 2 bulanan ini ^^. Cincin yg kadang sering disangka batu akik, hihi, atau..cincin ‘gaya’, karena warna batunya yang hitam dan ukurannya yg lumayan besar, tidak seperti cincin pernikahan pada umumnya.

IMG-20150420-WA0057

Cincin ini dibelikan tanpa diberitahukan dulu pada saya sebelumnya, sampai2 saya harus mengirim cincin yg biasa saya pakai karena calon suami dulu sempat ragu apakah ukurannya pas atau tidak, hihi..alhamdulillahnya ternyata pas.

Tidak seperti di film2 dimana calon suami mengajak calon istri ke toko perhiasan untuk memilih calon cincin pernikahannya, calon suami dulu memang bukan orang yg romantis hihi. Namun cincin pernikahan ini dia beli dalam suatu momen yang tak biasa-punya sejarah tersendiri baginya-, dan saya sangat menghargai itu, meski saya kelihatan biasa2 saja dg cincin yg ia berikan.

Cincin ini hampir selalu saya gunakan saat saya bepergian, cincin ini tidak hanya menjadi simbol, namun juga menjadi nasehat dan pengingat untuk senantiasa menjaga diri dan senantiasa memperbaiki diri.

Bukan karena bentuknya yang unik, bukan pula karena harganya, bukan semata karena tradisi mengenakannya karena saya telah menjadi seorang istri, tapi saya menggunakannya dan menjaganya karena yang memberikannya telah berjanji dihadapan Tuhan, bahwa ia akan bertanggungjawab atas saya dunia dan akhirat.

Karena itu, untuk benda kecil ini, saya mengingat hal itu. Dan diam-diam saya bisa senyum-senyum sendiri melihatnya melingkar di jari manis saya sekarang.

IMG_20150706_173206

7 thoughts on “Apa Makna Cincin Pernikahan Bagimu?

    1. suami ana juga pake cincin bukan emas mbak, alternatif selain emas buat lelaki muslim ada perak, ada palladium, ada platina. paling mahal platina, harga per gramnya kalo di indo 2-3 kali lipat emas. kalo palladium rata2 dibanderol 2 juta 1 cincin/ atau ada yg kasi harga sama kaya emas putih.

      Ketahanannya dari paling tahan lama ga pudar warnanya platina (warna asli logamnya memang putih > palladium (warna asli logamnya putih agak grey dikit) > perak (agak sedikit gampang berubah warna setelah beberapa lama)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s