Tetap Cantik dan Ramah Budget dengan Simple Wedding Dress InsyaAllah Bisa

Baju pengantin tidaklah harus mahal dan super mewah. Mungkin sebagian orang akan berpendapat ..

” kan saya punya dana untuk membuat baju yang tak terlupakan seumur hidup saya..”

Oke fine, saya nggak maksa kok. Karena itu pilihan masing-masing individu kan. Nah, tapi sebagai muslim saya hanya menyarankan apabila segala persiapan pernikahan tidak membawa pada kemubadziran. Dalam buku ‘ Kado Pernikahan Untuk Istriku’  karya Ust M Fauzil Adhim dinyatakan bahwa,

” meminta mahar dengan jumlah yang berlebihan atau sangat tinggi hukumnya makruh”

So, jangan sampai untuk urusan lainnya malah jadi makruh juga khawatirnya akan mengurangi keberkahan acara sakral kita. Sakral itu nggak mesti mahal (Saya langsung bermuhasabah-roll depan roll belakang hehe).

Ada beberapa tips yang saya rangkum dalam tulisan ini agar pernikahan yang kita impikan tetap terwujud, namun budget nggak membludak. Semoga dapat membantu sahabat semuanya dalam merencanakan budget yang sangat ‘wanita’ ini hehehe.

1. Sewa/beli gaun pengantin

Kalau sudah ketok palu tanggal pernikahan, maka mulailah ‘kepo’ banyak vendor yang menyediakan baju pengantin yang bisa disewa. Selain akan lebih ringkas, menyewa baju pengantin juga akan menurunkan budget pembuatan baju pengantin. Next time saya infokan vendor2 mana aja yang oke untuk pernikahan islami. ihiyyyy sabar yah. Selain sewa, kamu juga bisa beli baju jadi, sekarang banyak banget kok baju pengantin yang dijual jadi. So, rajin-rajin mampir ke Google buat browsing. ^^v

2. Beli bahan baju yang relatif murah tapi tetep kece

Baju pengantin nggak mesti terbuat dari berlian atau emas kan? hehe. So..pilihlah model yang cukup simple tapi masih sesuai dengan selera kamu. Ini bisa banget kok, asal ngerti bahan/kain baju. Kalau kamu kurang berpengalaman untuk beli-beli bahan, cari teman yang sudah berpengalaman untuk nyariin kamu bahan-bahan yang kamu inginkan.

Bahan-bahan yang bisa kamu buat jadi baju pengantin simple but chic kamu ialah:

satin bridal (60.000-65000/m),silky (45000/m), tulle bridal (tulle paris/tulle jepang 25.000/m), brocade (brukat) -kalau brukat ada yang dari 35000/m hingga jutaan/m..so pilih yang sesuai dengan kantongmu aja yah ^^, organdi (15.000-25.000/m), satin (11.000-15.000/m), ungaro (60.000/m) , shifon phine (15.000/m), zahra (40.000/m), ceruti (13.000/m), aplikasi brocade (kurleb 35.000/m), dan masih banyak jenis lainnya (Sumber : Toko Kain Cahaya Bogor).

Bahan-bahan yang saya sebut diatas cukup common untuk membuat baju pengantin. Sesuaikan dengan budget, yang murah dan bagus insyaAllah buanyyaaakkkk.

Di bawah ini saya berikan contoh-contoh baju pengantin yang simple tapi tetap kece:

1. Baju pengantin ala Malaysian Bride ini nggak ribet dan tetap manis. Kamu bisa pilih bahan brukat sederhana untuk bagian atasnya sementara satin/shifon untuk bagian bawah. Sedikit bordir atau aplikasi brukat bisa kamu terapkan pada bagian bawah agar tampak lebih manis.

muslim-wedding-dresses-26

2. simple wedding dress dengan sedikit brukat dan aplikasi pita, dan bisa dipadukan dengan shifon atau satin. Untuk membuat kesan mengembang, kamu bisa menumpuk beberapa lapis shifon, organdi atau tulle pada bagian bawah baju pengantinmu.

34b8d2a405b19277d02052a02b89d26b

 

3. Simple but still elegant, dengan bahan polos kamu bisa berkreasi dengan model/cutting yang unik. Bahan yang polos tetap kelihatan manis. seperti gambar di bawah ini ^^

cfed4c0c266c11e287f422000a1f9afa_7

4. Simple brocade dress, Pemilihan brukat untuk keseluruhan baju pengantinmu bisa dicoba. Pilih brukat dengan bunga kecil dan halus untuk membuat dress sederhana namun tetap kelihatan sangat elegan.

74336526b40cba8ddf4170c90074bb24 3. Hunting Penjahit

Setelah cari bahan-bahan, tentunya kamu butuh jahitin baju pengantin kamu dongs. Nah, mulai juga buat searching penjahit yang recommended buat jahitin baju pesta dan sejenisnya. Banyak kok, penjahit dengan jasa yang nggak mahal tapi jahitan lumayan oke. Asal pinter2 nyarinya aja. Untuk bahan mahal, penjahit juga biasanya pasang tarif mahal, karena pengerjaannya butuh kehati-hatian. Selain itu, yang mempengaruhi tarif penjahit adalah model/desain baju, so..semakin simple semakin baik dan bisa jadi semakin murah. Sekali lagi, kamu bisa andalkan teman yang sudah sering berurusan tentang jahit menjahit.

Oke, segini dulu bahasan tentang baju pengantin. InsyaAllah setelah ini saya akan sharing tentang pembuatan baju pengantin saya, hehe ^^. Selamat membaca sahabat, semoga banyak manfaatnya.

 

5 thoughts on “Tetap Cantik dan Ramah Budget dengan Simple Wedding Dress InsyaAllah Bisa

  1. Assalamualaikum.. salam kenal mba dyah. Inspiratif sekali. Saya mau tanya2 ttng pernikahan mba boleh? Hhehe.. buat referensi.. boleh minta contact nya juga mba.. line wa.. jazakumullah khairan katsiran..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s